. Bukan Dalam Diam - Coretan Pena Anak Bebek .

Tuesday, June 14, 2011

Bukan Dalam Diam

Problematika umat islam saat ini sangatlah kompleks, tidak hanya terpaku pada satu perspektif. Cakupan yang akan saya paparkan disini adalah mengenai dampak dari ghazhwul fikr yang mengikis sendi-sendi moral kaum muslim.

Tak dapat kita pungkiri, gencarnya serangan kaum yahudi dan nasrani dalam memerangi pemikiran kaum muslim sangat berpengaruh terhadap pembentukan peradaban kaum muslim. Pola pengemasan yang sangat rapi dan pemberian label bahwa peradaban barat (identik dengan kaum yahudi dan nasrani) adalah simbolitas kemajuan peradaban menjadikan peradaban ini mudah di terima, menjadi motor penggerak tatanan kehidupan, merubah pola pikir yang berpengaruh pada pembentukan karakter dan gaya hidup. Akibatnya, sejalan dengan waktu peradaban islam kian terkikis didalam kaumnya sendiri, dianggap sebagai system kuno yang ketinggalan jaman, terhempas jauh dari dimensi kehidupan para pemeluknya. Hijab tak lagi menjadi dasar interaksi, pakaian syar’i dianggap sebagai pasung yang membatasi gaya berpakaian muslimah, kain kerudung hanya sebagai formalitas penutup kepala namun sejatinya telanjang, dan masih banyak lagi.

Lantas …

Sebagai seorang yang mengaku pemuda muslim, apa sih yang bisa kita lakukan? Berdiamkah dan membiarkan keadaan ini terus terjadi?

Tidak bukan?????

Tentunya kita harus bergerak, berkontribusi dalam perbaikan peradaban melalui upaya-upaya pelurusan pola pemikiran dengan penanaman tsaqofah. Banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari pendekatan personal sampai mengadakan kajian-kajian yang membahas tentang hal tersebut. Pastinya juga dengan metode-metode penyampaian yang mudah di terima, secara bertahap namun continue. Ketika kita telah berhasil pada fase tersebut,maka upaya-upaya selanjutnya akan mudah karena kita sudah berada dalam satu ruang yang memiliki oriantasi sama, yaitu kembali mewujudkan tatanan kehidupan islam.

Mudah bukan????


_Karena dari sebutir biji kecil akan tumbuh pohon besar yang mampu menghasilkan sumber mata air dan menjaga keutuhan lapisan ozon_
Share on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright Coretan Pena Anak Bebek 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all