. Allah, Tamparlah Indra - Coretan Pena Anak Bebek .

Wednesday, December 25, 2013

Allah, Tamparlah Indra

Allah ...
Kenapa ayah harus pergi ninggalin indra disaat usia indra belum genap 5 tahun? Kenapa Allah ijinkan ayah memilih jalan hidupnya dan membiarkan indra pincang dengan hidup tanpa bimbingan dan kasih sayang seorang ayah?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Karena Allah ingin indra tidak bergantung pada kekuatan seorang ayah, karena Allah ingin indra berdiri tegak dengan kekuatan kaki indra sendiri.

Kenapa tetangga tidak menyukai indra? Kenapa tetangga suka menggunjing kalau ibu pacaran sama orang yang sudah beristri dan kenapa mereka selalu bilang adek indra beda ayah sama indra?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Itu bentuk proteksi Allah pada indra, agar indra jadi wanita mulia, agar indra mampu menempatkan cinta pada sosok yang pantas. Karena Allah sangat sayang indra, Allah ingin indra bersikap baik kepada siapapun, meski kepada orang yang jahat terhadap indra.

Kenapa ibu sangat sangat galak? Kenapa ibu suka memukul? Kenapa indra dan adek selalu menjadi pelampiasan dendam ibu atas penghianatan ayah? Kenapa ibu gak pernah berpikirikir kalau kami jauh jauh lebih menderita atas kondisi ini?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra untuk selalu berbakti pada ibu dalam kondisi apapun. Allah sedang membimbing indra agar kelak menjadi seorang ibu yang baik dan tidak mudah bersikap kasar pada anak, karena indra sudah merasakan sendiri betapa sakitnya hidup dalam kekerasan orang tua dengan demikian indra akan tau bagaimana seharusnya menjadi seorang ibu yang tidak melukai anaknya.

Kenapa om suka pukul indra dan adek? Kenapa hanya memukul kami dan tidak pernah memukul anak-anak pakdhe? Apa karena kami tidak punya ayah yang melindungi jadi om bisa bersikap seenaknya?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah selalu mengajari indra untuk bersikap sabar. Allah ingin indra bersikap baik pada semua saudara tanpa pandang bulu, tanpa membedakan. Agar kelak kalau indra punya keponakan tak membedakan satu sama lain hanya karena strata sosial.

Kenapa ibu suka membawa pacarnya datang kerumah dengan status ibu belum cerai? Itu bikin indra dan adek semakin dikucilkan tetangga. Tidakkah ibu menyadarinya? Dimanakah hati ibu? Kenapa itu tak pernah berpikir akan luka-luka yang menyayat hati kami?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah ingin kelak indra benar-benar menjadi wanita shalihah yang mendapat suami shalih agar dapat menjaga keutuhan rumah tangga sehingga anak indra tidak merasakan betapa beratnya menjalani hidup sebagai anak broken home.

Kenapa simbah mulai galak? Indra dan adek masih terlalu kecil untuk dimintai bertanggung jawab atas kebejatan ayah, kami juga korban, bahkan jauh jauh meresakan kesakitan yang lebih menyayat.
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah ingin indra bisa dewasa, yang bisa mengerti betapa beratnya perjuangan simbah membesarkan kami, betapa lelahnya simbah mencari nafkah untuk kami, sehingga indra tidak menjadi anak bandel.

Kenapa teman-teman SD bersikap baik pada indra hanya kalau mau mencontoh jawaban ulangan dan PR indra saja? Kenapa teman-teman suka menghina ibu indra? Kenapa teman-teman suka mengucilkan dan menghina indra anak perusak rumah tangga orang?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah ingin indra berlapang hati menjalani kerasnya hidup. Allah ingin indra menjadi anak yang baik.

Kenapa ibu merebut suami orang? Kenapa tetangga semakin mengucilkan dan menghina indra? Apa salah indra?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah ingin indra menjadi wanita yang bermartabat, yang bisa menjaga kehormatan indra sebagai  seorang muslimah.

Kenapa anaknya suami baru ibu suka menghajar dan menghina indra di sekolah? Tubuh indra kecil dan lemah, gak pernah bisa untuk sekadar menangkis pukulan dia. Apa salah indra? Indra juga sangat tidak suka ibu menikah dengan mantan maling.
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang menunjukkan pada indra bahwa tidak hanya indra yang mengalami kesakitan atas pernikahan kedua ibu indra, bahkan mungkin dia jauh jauh lebih sakit dari indra karena ayah dan ibunya harus bercerai akibat ayahnya direbut ibu indra. Jadi indra gak boleh terus larut dalam nestapa.

Kenapa ibu semakin menikmati hidup baru dengan suami barunya? Kenapa ibu lupa kami? Kenapa ibu makan makanan enak sendirian sementara kami tidak diberi padahal kami satu rumah?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra tentang bagaimana menjalani hidup yang sebenarnya, tentang kesederhanaan, tentang bagaimana bertahan dalam keterbatasan.

Kenapa ibu bohongi indra? Bilangnya cuma titipin indra di tempat pakdhe agar dekat dengan SMP favorit di Wonosobo. Tapi ternyata ibu seolah membuang indra agar ibu bebas menjalani hidup dengan suami baru ibu.
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra bagaimana menjadi yang tangguh menjalani hidup.

Kenapa indra selalu jadi pelampiasan kebencian pakdhe budhe terhadap ibu? Kenapa indra selalu dimarahin dan didiamkan dalam waktu yang lama setiap setelah ibu membuat masalah dengan mereka? Apa salah indra?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra agar kelak menjadi seorang ibu yang berkelakuan baik agar anak indra tidak harus menanggung konsekuensi atas kelakuan buruk orang tuanya.

Kenapa dipihak keluarga ibu indra dituntut untuk tanggung jawab atas kebejatan ayah dan di keluarga ayah indra dituntut untuk betanggung jawab atas sikap kasar ibu kepada keluarga ayah? Indra hanya anak kecil korban keangkuhan ayah dan ibu, indra bukan bola pingpong yang bisa dipukul sana sini.
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra tentang betapa pentingnya menjadi orang tua yang baik agar anak tidak menderita atas kelakuan buruk orang tuanya.

Kenapa mereka selalu membela ayah dan menyalahkan indra? Sementara ayah telah mencampakkan indra sejak indra belum hafal abjad bahkan baru mengenal angka 1-10. Kenapa mereka gak bisa mengerti sakit yang indra rasakan? Kenapa harus memaksa? Bukankah seharusnya bersikap obyektif?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra untuk tetap berbakti seburuk apapun kondisi orang tua. Agar indra menjadi pemaaf, bukan pendendam.

Kenapa indra gak bisa merasakan hidup seperti anak-anak SMP pada umumnya? Kenapa indra tak pernah diberi kesempatan berpendapat? Kenapa indra harus jadi robot yang harus selalu mengikuti aturan yang sangat mengekang dan tak boleh menawar? Kenapa indra gak boleh bermain bersama teman-teman indra? Kenapa indra selalu didiamkan berhari-hari hanya karena sebuah kesalahan kecil? Bukankah indra masih kecil dan bukan seperti itu cara mendidik yang tepat? Indra sangat tertekan, makanya indra minder berinteraksi dengan orang, indra sangat paranoid apabila indra melakukan kesalahan sekecil apapun, indra sangat ketakutan sampai seperti orang gila, sampai sekarang.
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra untuk sangat berhati-hati dalam bersikap agar tidak mudah melakukan kesalahan. Karena Allah sedang mengajari indra agar kelak bijak dalam mendidik anak sehingga anak tidak tertekan dengan pola pendidikan yang terlalu diktator.

Kenapa saudara-saudara dari ayah selalu meremehkan indra? Kenapa indra sangat dibedakan dengan sepupu-sepupu indra yang lain? Kenapa setiap kumpul keluarga besar eyang indra selalu duduk diantara pembantu dan selalu disuruh-suruh seperti pembantu? Kenapa indra gak diajak ngobrol seperti sepupu-sepupu indra yang lain?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mensupport indra agar indra menjadi orang yang sukses.

Kenapa sejak indra kuliah suami ibu jadi berani bersikap seenaknya dan judes ke indra? Bukankah itu rumah simbah dan bahkan indra tidak pernah dinafkahi dia?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra untuk sabar dan mengerti bahwa hidup selalu ada yang menantang, agar indra tak pernah lupa untuk terus mendekat memohon pertolongan pada Allah. agar indra bisa menghormati dia sebagai orang yang mencintai dan menyayangi ibu indra.

Kenapa cinta harus datang disaat indra belum genap 19 tahun? kenapa pada akhirnya begitu menyakitkan? Indra ingin menikah dengannya agar indra bisa merasakan kebahagiaan yang tak pernah indra rasakan sejak kecil, tapi kenapa akhirnya harus dijauhkan?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah menginginkan indra menikah diwaktu yang tepat, disaat mental indra sudah siap untuk membina rumah tangga agar tidak mengalami kehancuran seperti orang tua indra. Allah sedang mengajari indra untuk terus memperbaiki diri agar pantas bersanding dengan yang shalih. Allah sedang mengajari indra untuk mengimani takdir bahwa jodoh sudah Allah tuliskan buat indra dan akan Allah pertemukan di waktu yang tepat. Jika "dia" memang jodoh indra, suatu saat nanti pasti Allah pertemukan lagi dengan kondisi yang jauh lebih tepat dan lebih baik sehingga cinta tak menjadi nista. sabar indra ... kalaupun bukan dia, sudah Allah persiapkan yang terbaik buat indra kok :)

Kenapa untuk sekadar kuliah pakai motor saja harus mengemis pada suami ibu? Padahal itu motor asal muasalnya dari jual ladang simbah dan indra membawa motor juga untuk mencari nafkah.
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra untuk lebih berjuang.

Kenapa indra selalu disalahkan setiap indra membeli baju dan sepatu? Padahal itu juga kebutuhan kuliah, karena kuliah gak pakai seragam. Dan indra membeli semua itu dengan uang jerih payah indra sendiri.
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra untuk lebih memaknai hidup, juga agar indra tidak menjadi budak merk.

Kenapa indra harus berjuang tanpa orang tua dalam menghadapi sakit? Kenapa ibu justru menyalahkan tanpa mau tau sakit indra?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra untuk mandiri, bukan bergantung pada orang tua.

Kenapa sejak dulu ibu selalu memikirkan dirinya sendiri? Kenapa ibu begitu egois tanpa pernah mau tau perasaan indra dan adek? kenapa ibu selalu mengukur kasih sayang dari sudut pandang materi?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah masih terus mengajari indra bagaimana kelak menjadi seorang ibu yang baik dan sayang kepada anak-anak indra agar anak indra tidak merasakan kesakitan yang pernah indra rasakan.
kenapa ayah jauh jauh jauh lebih jahat dari ibu? kenapa ayah begitu tega mencampakkan indra dan adek, malah justru mengurus anak-anak tirinya? bukankah indra dan adek juga butuh tanggung jawabnya untuk menafkahi kami?
  • karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang mengajari indra agar tidak berharap pada manusia, Allah terus mengajari indra untuk ikhlas. bukan terus menuntut agar semua keinginan indra terpenuhi.

Kenapa indra harus gagal PNS ketika sudah sampai tahap akhir? Lalu bagaimana dengan biaya masuk kuliah adek?
  • Karena Allah sangat sayang indra. Allah sedang menuntun indra agar lebih mendekat pada-Nya. Allah tau batas kemampuan indra. Boleh jadi indra saat ini belum mampu menjalani profesi sebagai statistisi di BKN, indra harus banyak belajar lagi agar bisa bekerja dengan baik. Atau boleh jadi BKN memang bukan tempat yang tepat untuk indra menjemput rejeki, Allah sudah mempersiapkan pekerjaan yang paling tepat buat indra, tugas indra terus berusaha menjemputnya. Soal adek, rejeki sudah Allah atur kok, pasti ada jalan kemudahan.

Kenapa indra tak bisa hidup bahagia seperti teman-teman indra?
  • Karena indra kurang bersyukur, karena indra terus mendongak ke atas tanpa mau merunduk ke bawah. indra lupa kalau indra bisa sekolah di SMP dan SMA negeri paling mahal di wonosobo, indra lupa kalau indra tak perlu kesulitan belajar karena semua mapel les di bimbel, indra lupa kalau indra tak perlu kesulitan belajar islam karena privat ngaji dan dididik di lingkungan keluarga agamis, indra lupa kalau indra bisa hidup lebih mewah dari teman-teman di sekolah indra, indra lupa kalau baju, sepatu dan tas indra selalu barang branded,
  • indra lupa kalau indra tak perlu pusing urus jerawat karena indra bisa perawatan di skin care bergengsi, indra lupa kalau sejak SMA budhe sudah sangat sayang sama indra, indra lupa kalau simbah luar biasa berkorban untuk kebahagiaan indra, indra lupa kalau semua keinginan indra terkait materi selalu dituruti. indra selalu lupa, selalu menuntut muluk-muluk, selalu meminta kasih sayang dan perhatian orang tua padahal Allah sudah melengkapi kasih sayang itu melalui sosok lain yang Allah kirim untuk indra.
  • indra angkuh, indra selalu mengukur kebahagiaan adalah (hanya) kasih sayang dan perhatian orang tua, sampai indra bisu, buta, dan tuli, tak mampu untuk bersyukur, tak mampu lebih jeli melihat ibrah dalam hidup.
Allah ... terima kasih untuk teguran yang begitu bermakna, kegagalan di BKN membuat indra berani berdiri tegak didepan cermin besar untuk mengeja alpha dalam diri indra.

Allah ... terima kasih untuk cinta yang tak berbatas, untuk variasi warna cat yang Engkau goreskan dalam kanvas agar ciptakan lukisan cerita hidup indra yang begitu berwarna dan indah.


Terjawab semuanya ... karena Allah sangat sayang indra. Karena Allah menginginkan indra menjadi yang tangguh dan bermartabat. Terima kasih untuk cinta yang luar biasa, yang tidak semua orang bisa merasakan betapa indahnya cerita hidup ini. Indah kunikmati, dalam syukur yang masih terbata aku eja. Allah ... dekap aku yang erat, agar tak terhempas lepas, biar hati tak melepas bebas mengurai simpul iman.
Share on :

1 komentar:

Namaku Jannah said...

Blogwalking... nice post...^^

ditunggu kunjungan baliknya: http://emjannah.blogspot.com/

Post a Comment

 
© Copyright Coretan Pena Anak Bebek 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all