. Jangan Sisakan Makanan! - Coretan Pena Anak Bebek .

Saturday, April 9, 2016

Jangan Sisakan Makanan!

"Pokoknya harus dihabisin semua ya, indra sedih kalau masakan indra engga dihabisin, itu berarti masakan indra engga enak dan indra engga mau masak lagi (*padahal emang ngga enak :p)." kataku penuh persuasi dan intimidasi, nyaris setiap makan malam. Yang mewakili penyederhanaan makna tersirat, "jangan sampai makanan terbuang."
Belajar mengerti, betapa sebenarnya makanan yang tersisa-sisa itu, sungguh diluar sana menjadi sangat berarti untuk mereka yang sekadar membeli beras saja harus mengumpulkan recehan dari hasil memulung botol plastik yang dikais dari tumpukan sampah bau dan penuh bakteri.
Seperti kemarin, didepan mata. Kakek petugas pengambil sampah yang setiap pagi datang, membuka plastik sampah, memilah sampah dan memisahkan botol plastik ke kantong, kemudian malu-malu bertanya apakah jambu dikebun kompleks boleh dipetik, dan setelahnya memakan jambu sangat lahap yang ternyata belatungan! Baru berhenti makan setelah saya bilang, "bapak, petik yang setengah mateng aja, kalau yang mateng kayaknya ada yang belatungan."
Miris, menyayat. Mungkin beliau belum sarapan dan menahan lapar sehingga jambu belatungan terasa begitu nikmat tanpa peduli resiko yang timbul setelahnya. Boleh jadi, baginya yang penting lambung terisi agar tetap ada cadangan energi saat menarik gerobak sampah menuju tempat penampungan.
Aku jadi membayangkan, betapa pilu hati kakek tersebut, ketika membuka plastik sampah dan ternyata berisi makanan sisa kemarin yang dibuang. Sakit!
Hidup menjadi begitu penuh syukur ketika pelajaran bermakna hadir di depan mata, menjangkau ruang hati, dan menasehati dengan bisikan kesadaran dari dalam diri.
Betapa sederhananya, belajar tidak mudah membuang makanan, memasak dan membeli sesuai kebutuhan, menjauhkan diri dari penyakit hobby memubadzirkan makanan dan pada akhirnya syukur luar biasa atas limpahan rizki yang Allah berikan.
Dan pagi ini, kakek petugas pengambil sampah ini teriak, "neng sampahnya neng." ah, aku kembali belajar, tentang kerja keras :)
::pagi disini, aku semakin menikmati
Share on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright Coretan Pena Anak Bebek 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all