. Masalah Besar Itu Bernama Perbedaan Budaya - Coretan Pena Anak Bebek .

Wednesday, May 18, 2016

Masalah Besar Itu Bernama Perbedaan Budaya

Masalah besar itu bernama perbedaan kultur leluhur. Oleh suatu ikatan dua sistem yang saling bertolak belakang harus berada dalam satu ruang baru yang belum memiliki tata aturan yang pasti sehingga keduanya saling bersikeras bahwa apa yang dibawa dari leluhurnya adalah yang terbaik, memandang sistem lain rendah dan tak layak untuk mengisi kekosongan sistem di ruang baru itu.
Kemudian aku menjadi tau, ini bukan hanya tentang dua manusia, lebih dari itu yang mencakup semua hal yang berkaitan dengannya akan dibawa, juga tentang sosok-sosok yang melingkari rekam jejak perjalanan hidup kedua manusia tersebut. Wajarlah jika sosok-sosok itu jauh lebih tepat untuk dimengerti, meski melukai seorang manusia satunya. Karena bagi sang tokoh, merekalah pahlawan hidupnya. Sementara manusia satunya? Siapa dia? Hanya manusia baru dengan segala keaku-annya yang juga mengagungkan sistem leluhurnya karena merasa lebih memiliki peradaban yang tertata.
Keduanya tak ada yang salah, waktu yang masih hitungan bulan amatlah singkat untuk bisa saling menghargai warisan leluhur masing-masing, karena keduanya baik dan benar versi kultur masing-masing.
Mencari titik temu adalah hal sulit dalam proses pencarian jalan terbaik, karena dua kultur yang dibawa saling membelakangi, berjalan pada lajur yang berlawanan, jauh semakin menjauh.
Mungkin, pada akhirnya ruang baru itu akan kosong tak berpenghuni, dua manusia penghuninya saling menjauh, pergi kembali pada sistem leluhur yang diyakini kebenarannya. Roboh, bersimbah noktah darah oleh goresan-gotesan luka penghuninya sebelum meninggalkan ruang baru itu.
Pergi berkendara luka dengan tetesan darah yang meninggalkan jejak, perih tak berkesudahan. Sepotong episode cerita baru selesai dengan dipercepat untuk memutus mata rantai perselisihan, agar luka tak lagi melukai.
Tangerang, 29 Juni 2016
Share on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright Coretan Pena Anak Bebek 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all